BPIH Ibadah Haji 2010

23 Jul 2010

Disarikan dari Berbagai Sumber.

BPIH menjadi suatu permasalahan bagi jemaah haji Indonesia khususnya dan Umum-nya di dunia. setiap tahun biaya haji selalu meningkat seiring dengan meningkatnya biaya akomdasi dan transportasi. Oleh karena itu dengan adanya informasi yang cepat dan tepat BPIH menjadi tolak ukur bagi kita umat muslim yang mampu dan berniat untuk ibadah haji di tahun yang di Ridhoi oleh ALLAH SWT. Berikut adalah berita dan rincian yang di berikan oleh Pemerintah.

Pemerintah Rabu (21,07,10), akhirnya menetapkan biaya pelaksanaan ibadah haji tahun 2010, setelah berulangkali batal mengumumkan angka yang pasti. Biaya pelaksanaan ibadah haji tahun ini ditetapkan sebesar 3 ribu 342 dollar Amerika, atau lebih rendah 80 dollar Amerika, dibanding BPIH tahun 2009 lalu.

Bagaimana bisa terjadi biaya ibadah haji menurun di tengah kondisi harga kebutuhan pokok dalam negeri yang justru mengalami kenaikan. Benarkah penurunan tarif ini akan diikuti juga dengan penurunan mutu layanan.? Setelah beberapa kali tertunda dan tak kunjung mencapai kata sepakat, kemarin pemerintah dan DPR RI melalui komisi Delapan, memutuskan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH tahun 2010 sebesar 3,342 US dollar, turun 80 US dolar dibanding BPIH tahun 2009 yang mencapai 3,422 dollar Amerika. Kesepakatan dicapai setelah melalui pembicaraan alot sekitar tiga jam lebih, mulai pukul 1 siang.

Besaran BPIH yang disetujui, terdiri dari beberapa rincian peruntukan. Baik yang direct cost atau dibayarkan langsung calon jemaah haji, maupun indirect cost, yang pembayarannya diambilkan dari dana setoran awal para calon jemaah haji saat pertama mendaftar di bank. Untuk biaya yang dibayarkan langsung terdiri dari biaya penerbangan dari embarkasi ke Arab Saudi, biaya pelayanan umum untuk Kerajaan Arab Saudi, biaya pemondokan di Makkah dan Madinah serta biaya hidup selama di tanah suci. BPIH tahun ini bisa turun sampai 80 US dolar, karena ada beberapa komponen biaya yang pada tahun lalu dibebankan ke jemaah haji, kini dialihkan ke dalam komponen indirect cost. Berdasarkan itu, maka disepakati besaran BPIH yang dibayarkan langsung calon jemaah haji, dibedakan berdasarkan embarkasi masing-masing.

Dalam keterangan bersama kepada wartawan, usai penetapan BPIH, baik Menteri Agama maupun pihak Komisi 8 DPR membantah, lambatnya penetapan ini karena adanya pemufakatan tertentu dan rahasia antara kedua pihak. Terus tertundanya penetapan, menurut kedua pihak, karena biaya ibadah haji harus dibahas per komponen. Berbicara di sela-sela pelatihan petugas haji Rabu malam, Menteri Agama menegaskan, penurunan biaya haji tahun ini tidak akan mengurangi kualitas pelayanan yang akan didapatkan jemaah haji, terutama pelayanan pemondokan yang bahkan akan lebih baik dari tahun lalu. Karena jemaah haji asal Indonesia yang berada di ring satu, berjarak 0-2 kilometer dari Masjidil Haram, bertambah menjadi 63 persen, atau naik 27 persen dari tahun 2009.

Persiapan penanganan haji tahun ini, memang agak terganggu dengan lambannya langkah persiapan, terkait penetapan biaya haji dan kehalalan vaksin meningitis, yang akhirnya diselesaikan dalam dua hari terakhir. Meski demikian, pihak kementerian kesehatan menyatakan sudah melakukan persiapan untuk memastikan kesehatan para calon jemaah haji yang akan berangkat.

Menurut jadwal, kloter pertama haji akan diberangkatkan 14 oktober 2010. Pemberangkatan melalui sebelas embarkasi, dengan total jemaah haji sebanyak 191.174 orang.

Berikut Rincian Penetapan BPIH

Jakarta - Kementerian Agama dan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat menetapkan biaya haji tahun ini rata-rata sebesar 3.342 riyal atau Rp 31.080.600. Nilainya turun US$ 80 dari tahun lalu sebesar 3.422 riyal dan jemaah tidak dibebankan biaya asuransi sebesar Rp 100 ribu, kata Menteri Agama Suryadharma Ali dalam rapat penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji di Dewan Perwakilan Rakyat hari ini. Biaya asuransi masuk dalam komponen biaya tidak langsung yang dibebankan dari suku bunga setoran awal jemaah.

Biaya tersebut berbeda-beda untuk 11 embarkasi.Biaya ibadah haji jemaah embarkasi tersebut adalah:

  • Aceh sebesar 3.147 riyal,
  • Medan 3.237 riyal,
  • Batam 3.325 riyal,
  • Padang 3.323 riyal,
  • Palembang 3.280 riyal,
  • Jakarta 3.364 riyal,
  • Solo 3.327 riyal,
  • Surabaya 3.432 riyal,
  • Banjarmasin 3.440 riyal,
  • Balikpapan 3.474 riyal, dan
  • Makassar sebesar 3.505 riyal.

Besaran biaya tersebut menggunakan kurs Rp 9.300 per dolar dan Rp 2.500 per riyal.Satu dolar ditetapkan dengan standar 3,72 riyal Komposisi biaya haji sebesar US$ 3.342 terdiri dari biaya penerbangan dengan rata-rata US$ 1.720, biaya layanan ke Pemerintah Arab Saudi sebanyak US$ 277, biaya pemondokan di Mekah sebesar 2.850 riyal, biaya pemondokan di Madinah 600 riyal dan biaya hidup sebesar US$ 405.

Suryadharma berjanji penurunan biaya haji diikuti dengan peningkatan layanan, seperti masuknya 63 persen (126 ribu jemaah) di ring 1 pemondokan Mekah, yang tahun lalu hanya 27 persen. Kami dapat menurunkan plafon pemondokan di Mekah karena ketersediaan cadangan optimalisasi, kata dia. Wakil Ketua Komisi VIII Gondo Radityo Gambiro menyatakan Komisi menerima keputusan tersebut. Tapi, untuk biaya tidak langsung, perlu pembicaraan lebih lanjut, kata dia.


TAGS Safartour Jemaah BPIH Kloter Pertama Haji 2010


-

Author

Follow Me